KUNINGAN JAWA BARAT, Menindaklanjuti Surat dari Menteri Sekretaris Negara RI, Nomor : B1176/M.Setneg/Set/TU.00.04/12/2017 Tanggal 18 Desember 2017 Tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-89 Tahun 2017, pada hari Jum’at Tanggal 22 Desember 2017, pukul 08.00 WIB. bertempat di halaman gedung kantor Pengadilan Negeri Kuningan, seluruh jajaran Pengadilan Negeri Kuningan melaksanakan Upacara Bendera Hari Ibu Ke-89 Tahun 2017 dengan Tema Pelaksanaan “Perempuan Berdaya, Indonesia jaya”.

Upacara kali ini dilaksanakan lain dari yang lain dari upacara kebiiasaannya, seluruh  petugas upacara dilakukan oleh  kaum perempuan yaitu seluruh karyawati Pengadilan Negeri Kuningan. Upacara bendera tersebut dipimpin langsung Inspektur Upacara Ibu RINI KARTIKA, S.H.,M.H (Hakim Pengadilan Negeri, dengan Pembawa Acara Ibu PURWANINGSIH, S.H. (Panitera Muda Hukum) dan  dikomandani oleh Ibu EVA YANTI NUR AHDININGSIH (Tenaga Honorer) Upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara akan dimulai, kemudian Penghormatan  Bendera Merah Putih oleh seluruh Peserta Upacara diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Ibu AGENG GITA WULAN (Tenaga Honorer)  dan pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ibu IPAH DWI RAHMAWATI M. (Staf Kepaniteraan Perdata) serta pembacaan Sejarah hari Ibu  oleh Ibu TATIK RUSMIATI (Staf Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan). Pembacaan do’a oleh Ibu SITI JEJE JENAB (Staf Kepaniteraan Hukum). Upacara ini dihadiri oleh Para Hakim, Para Pejabat Struktural dan Fungsional serta karyawan-karyawati Pengadilan Negeri Kuningan.

Peringatan Hari Ibu pada dasarnya dapat mengingatkan kepada kita untuk tetap memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi peran dan kiprah perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Peringatan hari ibu ini juga membawa pengaruh positif pola pikir dan cara pandang masyarakat pada umumnya, dan khususnya bagi perempuan yang terdorong untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan. Peringatan Hari Ibu (PHI) juga diharapkan untuk mendorong peningkatan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki sehingga berperan mengisi kemerdekaan serta pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan demi mewujudkan tujuan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Perempuan dan laki-laki mempunyai kesempatan dan tanggung jawab yang sama dalam berpartisipasi untuk mewujudkan demokrasi dan pembangunan Indonesia seutuhnya. Oleh karena itu PHI Ke-89 Tahun 2017 diselenggarakan dengan tema: “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”.

Dengan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-89 Tahun 2017 ini diharapkan seluruh jajaran Pengadilan Kuningan dapat meningkatkan Rasa Kebangsaan dan memperkokoh persatuan bangsa demi tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (admin)

Berikut foto-foto kegiatan upacara tersebut diatas :