KUNINGAN,  Pada hari Kamis , (11/04/2019)  Pengadilan Negeri Kuningan melakukan Sosialisasi Whistle Blowing System, acara dimulai pada jam 9:00, yang bertempat di ruang Ali Said.

Acara Dipimpin Oleh Ketua Pengadilan Kuningan Bpk Uli Purnama, SH.,M.H, di damping Panitera Bpk Bunadi, S.H., M.H dan Sekretaris Ibu. Lili Roliah, S.E, dan di hadiri oleh seluruh hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan  Seluruh karyawan Pengadilan Negeri Kuningan.

Terkait dengan sosialisasi Whistle Blowing System tersebut, Disampaikan oleh Bpk. Ade Yusuf,S.H.,M.H, Selaku Kordinator ZI Area 5 Penguatan Pengawasan, Materi yang disampaikan mengenai Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya. Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya

Setiap orang yang menemukan indikasi adanya pelanggaran terhadap kode etik dan pedoman aparatur sipil negara dapat melaporkannya melalui aplikasi SIWAS. Dalam penggunaan aplikasi ini, identitas pelapor aman / dirahasiakan. Sesuai dengan maksud dan tujuan Aplikasi SIWAS ini untuk meningkatkan mekanisme pengawasan internal dan eksternal sistem peradilan, serta peningkatan Sistem Manajemen perkara demi transparansi pengadilan yang lebih baik.