KUNINGAN,  Pada hari Kamis, (11/04/2019)  Pengadilan Negeri Kuningan melakukan Sosialisasi Benturan Kepentingan, acara dimulai pada jam 9:00, yang bertempat di ruang Ali Said.

Acara Dipimpin Oleh Ketua Pengadilan Kuningan Bpk Uli Purnama, SH.,M.H, di damping Panitera Bpk Bunadi, S.H., M.H dan Sekretaris Ibu. Lili Roliah, S.E, dan di hadiri oleh seluruh hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan  Seluruh karyawan Pengadilan Negeri Kuningan.

Terkait dengan sosialisasi Sosialisasi Benturan Kepentingan tersebut, Disampaikan oleh Bpk. Ade Yusuf,S.H.,M.H, Selaku Kordinator ZI Area 5 Penguatan Pengawasan, Materi yang disampaikan mengenai  Dasar Hukum Berdasarkan surat keputusan sekretaris mahkamah agung RI nomor 59a/sek/sk/11/2014 tentang pedoman penanganan benturan kepentingan di lingkungan mahkamah agung dan badan peradilan dibawahnya.

Pengertian Benturan Kepentingan adalah situasi dimana pejabat atau pegawai dilingkungan Mahkamah Agung dan Badan peradilan dibawahnya memiliki atau patut diduga memiliki kepentingan pribadi terhadap setiap penggunaan wewenang dalam kedudukan atau jabatannya, sehingga dapat mempengaruhi keputusan dan/atau tindakannya

Tujuan Sosialisasi Benturan Kepentingan :

  • menciptakan budaya kerja organisasi yang dapat mengenal, mencegah dan menangani situasi-situasi benturan kepentingan
  • meningkatkan pelayanan publik dan mencegah kerugian negara
  • meningkatkan integritas
  • meningkatkan pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan berwibawa